5 S = PTBMB

Pada tanggal 30 Maret 2010 saya dan rekan-rekan kerja di kantor mengikuti program pelatihan 5S atau lebih dikenal dalam lingkungan kerja saya dengan PTBMB. Awalnya saya bingung dengan 5S / PTBMB, setelah mendengar penjelasan dari pembicara ternyata 5S / PTBMB adalah sebagai berikut:

Seiri = Pilah, pemilahan

Seiton = Tata, penataan

Seiso = Bersihkan, pembersihan

Seiketsu = Mantapkan, pemantapan

Shitsuke = Biasakan, pembiasaan

Konsep 5S ini awalnya berasal dari Negara jepang, supaya kita lebih ingat maka dibuat dalam bahasa Indonesia yaitu PTBMB. Kenapa 5S / PTBMB perlu dilaksanakan dalam lingkungan kerja atau tempat tinggal? Jawabannya adalah dengan menerapkan 5S maka secara fisik membangun lingkungan tempat kerja dan tempat tinggal yang bersih lestari dan secara psikologis membangun kualitas sikap kerja yang tinggi.

Berikut penjelasan dari 5S / PTBMB:

Pemilahan (Seiri) : membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan.

Penataan (Seiton) : menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga mudah dan cepat menemukan barang yang diperlukan.

Pembersihan (Seiso) : menghilangkan sampah, kotoran dan barang asing sehingga tempat kerja menjadi lebih bersih dan melakukan pemeriksaan.

Pemantapan (Seiketsu) : memelihara barang dengan teratur, rapi dan bersih agar berfungsi normal. Mencegah kesalahan tidak terjadi lagi. Pemantapan melalui rambu-rambu, papan petunjuk, tulisan.

Pembiasaan (Shitsuke) : melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan.

Dalam pelatihan ini kami diberikan satu buah soal psikotes yang isinya sebagai berikut:

Perhatikan gambar berikut ini:

5S

Gambar di atas merupakan enam (6) buah titik, tugas anda adalah menghubungkan ke enam titik tersebut dengan garis lurus sebanyak empat (4) buah dengan syarat bahwa alat tulis tidak boleh diangkat untuk berpindah tempat.

Jawaban:

Bagi saya dan rekan-rekan jawaban ini sangat sulit dan menurut kami tidak mungkin, tapi ada salah satu rekan kerja bisa menjawab dan jawaban yang benar adalah:

5s2

Nilai yang bisa diambil dari gambar tersebut adalah bahwa kita manusia dalam mencari jawaban dari permasalahan sering berpikir hanya dalam kotak permasalahan, seharusnya kita harus mencari jawaban di luar kotak permasalahan, jawaban ini dapat diperoleh dengan pengetahuan. Kita harus terus belajar untuk menemukan pengetahuan yang bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan ini.

This entry was posted in Inpirasi Hidup. Bookmark the permalink.

2 Responses to 5 S = PTBMB

  1. 1100060884 says:

    sama-sama lae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *