Dewasa dalam berpikir dan bertindak

Dalam beberapa hari ini saya merasa diri saya merasa tidak berharga, hal ini disebabkan oleh pikiran-pikiran yang merasauki saya. Sebagai contoh, saya tidak begitu enjoy dengan gaji yang saya terima jika saya membandingkan diri saya dengan orang lain, ada orang yang kelihatannya sombong dengan wajah merendahkan orang, dan saya merasa saya itu tidak bias menempatkan diri dalam kelompok. Semakin saya pikiri hal ini semakin sedih rasanya hati saya dan emosi mulai membara dalam hati ini. Setelah saya piker-pikir lebih dalam lagi tidak ada gunanya saya memikirkan masalah itu, tapi lebih baik saya mencari apa yang menjadi penyebab dari akibat yang saya rasakan ini.

Dalam tulisan yang terdahulu saya sudah menuliskan bahwa bagaimana cara kita memandang dunia begitulah kita jadinya. Setelah saya analisa penyebab dari semua ini adalah bahwa saya tidak dewasa dalam berpikir dan bertindak. Sekarang kita definisikan dulu dewasa itu apa ? dewasa adalah melakukan sesuatu dengan cara berpikir sebelum bertindak dan mampu menempatkan segala sesuatunya pada tempatnya. Contoh dari berpikir sebelum bertindak yang saya lakukan adalah :tidak punya perencanaan sebelum bekerja, banyak chating dan baca berita, kurang koordinasi dengan rekan kerja. Untuk berubah maka saya harus merubah ketidak dewasaan saya dalam ketiga hal diatas kea rah yang lebih baik.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana saya merubah ketiga hal tersebut ? saya mulai belajar dari alkitab, dalam kitab Amsal 14:23 dikatakan “Dalam jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja”. Selama saya bekerja jarang saya bekerja dalam jerih payah, makanya saya tidak untung, dan saya sering chating hanya membahas hal-hal yang tidak perlu makanya saya banyak kekurangan, misalnya kurang persiapan masa depan, seiring dengan waktu dan umur yang sudah makin tua saya makin sadar banyak yang kurang dalam diri saya, padahal seharusnya saya sudah bias ini dan itu.

Formulanya sudah dapat dalam Amsal 14:23, yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya supaya saya bekerja dalam jerih payah ?. Jawabannya adalah :

JERIH PAYAH ——–>KINERJA OPERASIONAL ——>KEUNTUNGAN

Dengan formula ini dapat disimpulkan dengan jerih payah maka kita harus menentukan kinerja operasional dari jerih payah untuk mencapai target keuntungan. Kinerja operasional yang dimaksud disini adalah indicator-indikator yang membuat saya jerih payah untuk mencapai target, indikator tersebut adalah waktu, kecepatan, ketepatan. Dari indikator ini maka saya akan membuat rencana kerja, dimana setiap rencana yang saya buat akan saya nilai berdasarkan indikator tersebut. Setelah setiap rencana kerja saya laksanakan makan akan saya nilai apakah target keuntungan tercapai atau tidak.

BERITA BINUS : BINUSIAN SIAP MENGHADAPI STRES MELALUI HYPNOTHERAPY

This entry was posted in Inpirasi Hidup. Bookmark the permalink.

16 Responses to Dewasa dalam berpikir dan bertindak

  1. Rudy says:

    yup, terkadang waktu kita banyak terbuang percuma untuk melakukan hal yang tidak berguna…

    tapi yang paling menyenangkan adalah kita sadar sebelum terlambat

  2. komar says:

    bagai mana cara meng menghindari sesuatu (negatif)

  3. 1100060884 says:

    Apa yang kita jalani hari ini adalah apa yang kita pikirkan, arahkanlah pikiran ke hal positif.

  4. HENDRA JAYA says:

    GIMANA CARAH NYA KITA BISAH MENJADI ORANG YANG LEBIH DEWASA

  5. santy says:

    tulisan mu sungguh m’jadi berkat,,, trus kn m’nulis y,, buat k’muliaan Tuhan kita. .

  6. maya says:

    mantab gan., semangatt merubah diri ^^

  7. umur tua belum tentu sudah mempunyai pikiran dewasa…
    terkadang anak kecil, berpikir jauh lebih dewasa dari orang yang berumur tua darinya…
    ada yang tau gak, arti dewasa itu apa sebenarnya, dan bagaimana proses dewasa itu.

  8. john kenedy siregar says:

    smua perktaan anda sngat bagus
    aku sngat mnyukaikya

  9. Tata says:

    gimana carany jadi dewasa ?
    dewasa itu gampang ato susah sih ?

  10. yuda says:

    Brpikir
    Dn Trus brpikir

    :)

  11. Berpikir Dewasa Akan Mendatangkan Kehidupan Lebih Baik.
    Mulai Hari Mudah2an Aku Akan Ubah Cara Berpikir Saya

  12. yeni says:

    susah bgt tuk belajar berpikir dewasa dan positif,,,,

  13. apay says:

    bagaimana caranya bair mnjadi k.dewasaan dan brpikir positif dan juga maju dalam berfikir dewasa

  14. terima kasih atas infonya, setidaknya saya punya gambaran gimana cara untuk berpikir dewasa.

  15. Saya ingin belajar bagaimana berfikir dewasa… Belum terlambatkan untuk memulai’a dari bawah…

  16. how to become a human says:

    saya bener2 gag tau bagaimana bersikap kalau keadaan memojokkan saya. apakah ada yang punya tips untuk bertindak secara dewasa dalam menghadapi emosi. untuk bisa menerima semuanya? tanpa banyak komplain? hanya melakukan saja? tolong bantu saya. kadang saya berpikir tidak tahu baiknya jadi manusia.
    tolong beri tips, agar kita bisa menerima apa yang tidak sesuai dengan hati kita. bagaimana caranya biar hati bisa lapang? sehingga bisa selalu berpikir positif, empati dan menerima segalanya dengan tenang. sehingga bisa bertindak dewasa.
    tolong sarannnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>